Daun

Hujan salju

fade

KONTAK SAYA

Email Twitter Facebook

TELUSURI

GALERI FOTO

Kategori Arsip Daftar Isi

MULAI DARI SINI

Pelayanan Portfolio Pembayaran

10 Mei 2012

Rumah Adat Sumatra Selatan

*¨*•.¸¸❤ (Muat Ulang Tulisan Lame)

 Rumah Limas merupakan prototipe rumah tradisional Palembang. Selain ditandai dengan atapnya yang berbentuk limas, rumah tradisional ini memiliki lantai bertingkat tingkat yang disebut Bengkilas dan hanya dipergunakan untuk kepentingan keluarga seperti hajatan. Para tamu biasanya diterima diteras atau lantai kedua.

Kebanyakan rumah limas luasnya mencapai 400 sampai 1000 meter persegi atau lebih, yang didirikan diatas tiang-tiang dari kayu unglen atau ulin yang kuat dan tanah air.Dinding, pintu dan lantai umumnya terbuat dari kayu tembesu. Sedang untuk rangka digunakan kayu seru. Setiap rumah terutama dinding dan pintu diberi ukiran. Saat ini rumah limas sudah mulai jarang dibangun karena biaya pembuatannya lebih besar dibandingkan membangun rumah biasa.

Rumah Limas Juga merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi masyarakat Sumatera selatan, Namun Perlu diketahui bahwa rumah LIMAS ini tidak hanya Ada Di Wilayah Sumatera Selatan Saja, tetapi juga berkembang Di beberapa daerah di Sumatra, Diantaranya; Jambi, Riau, Bengkulu, dan Kepulauan Riau, Dan sebagian Wilayah Lampung. Sebagian Masrakat diwilayah tersebut tetap menjaga keaslian Rumah Limas yg mereka Warisi Meski secara Umum Rumah Limas Telah Diakui Sebagai Kekayaan Budaya Sumatra-Selatan

Namun Sangat Disayangkan Karna Faktor Bahan Baku Berupa Kayu, yg Saat Ini menjadi sangat sulit didapatkan dan waktu pengerjaan yg tergolong rumit seta memakan waktu biaya yg Besar, Sehingga Perlahan Masyarakat Mulai Enggan Melestarikan Rumah Limas Ini

Ditulis Oleh : PINDRI Mahasiswa STMIK MIC ~ Macam” Objek Wisata

Artikel Rumah Adat Sumatra Selatan ini diposting oleh PINDRI Mahasiswa STMIK MIC pada hari 10 Mei 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Findry Satria Jaya ! ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis di Kotak Bawah ini ?